Monday, January 6, 2014

3 Kata Dasar Dalam Cara Memulai Bisnis


Terkadang kita merasa takut untuk memulai bisnis karena kita beranggapan bahwa setiap memulai bisnis memerlukan modal yang tidak sedikit, mempunyai ruangan yang cukup luas, dan juga kita harus menyediakan lokasi khusus yang akan digunakan sebagai tempat usaha kita nantinya. Padahal jika anda mengetahui tentang bagaimana cara memulai bisnis dari dasar, ternyata bisnis itu dapat dijalankan dimana saja. Bahkan anda bisa tetap dapat menghasilkan uang ketika anda sedang bekerja sebagai karyawan ataupun sedang mengurus anak.
Tapi anda jangan sampai lupa, memulai bisnis ibarat kita sedang terjun bebas. Jika anda berhasil itu hasil jerih payah anda selama ini. Tetapi jika anda gagal, anda harus siap untuk menelan semua pahitnya. Semua ditentukan oleh diri anda sendiri anda dituntut untuk dapat lebih kreatif, tahan banting, ulet, dan tentunya lebih bertanggung jawab untuk bisnis anda sendiri. Dan anda pun akan membantu orang lain karena akan memberikan lapangan kerja untuk orang lain.


Bagaimana cara memulai bisnis dari dasar? Ada 3 kata yang mendasari anda dalam memulai bisnis dari dasar yaitu What, Who dan How. Dan itu membutuhkan pemikiran yang matang dan juga pengamatan yang tidak main-main. Kata pertama adalah “What”, kata ini adalah lebih cenderung ke Produk atau jenis barang seperti apa yang akan anda perdagangkan. Tidak masalah jika ide anda sama dengan orang lain, tetapi harus ada yang menjadi ciri khas atau sesuatu yang unik yang lain dari produk yang lain.


Kata yang selanjutnya adalah “Who”. Kata Who disini adalah tentang pemasaran produk anda, kepada siapa anda akan dapat menjualnya atau dapat juga kita artikan target pasar produk. Anda harus dapat mengamati dengan jeli tentang perkembangan pasar tentang produk yang akan anda jual.


Dan kata yang terakhir adalah “How”. How yang berarti bagaimana, disini mempunyai makna bagaimana cara anda agar dapat memasarkan produk anda. Proses terakhir ini yang akan sangat menentukan sukses atau tidaknya bisnis anda.Harus ada kesan yang berbeda dan seunik mungkin dalam memasarkannya. Untuk bisnis awal ini menjadi kunci utama karena orang-orang belum banyak mengetahui tentang produk anda. Anda mempunyai kualitas produk yang baik tetapi jika tidak ada orang yang tahu atau tidak dikenal, bagaimana anda dapat melakukan penjualan. Promosi, diskon, dan bonus merupakan salah satu pelaksanaan dari kata “How” ini.


Jangan takut ketika anda akan memulai suatu bisnis, dengan cara memulai bisnis dari dasar yang tadi kita bahas anda dapat menemukan banyak sekali peluang bisnis. Selamat mencoba berbisnis.

No comments:

Post a Comment