Tuesday, January 14, 2014

Trik Fotografi Menggunakan Kamera Smartphone

Tidak bisa di pungkiri Smartphone kini semakin canggih saja dengan fitur-fitur yang menakjubkan, salah satunya fitur kamera pada Smartphone. Kemampuan kamera smartphone sekarang tidak kalah dengan kamera-kamera canggih yang digunakan fotografer-fotografer profesional, asal kita dapat dengan benar dan tepat menggunakan kamera pada smartphone hasilnya pun akan sangat menakjubkan sekali.

Hal ini tentu bisa menjelaskan mengapa semakin banyak orang yang menggunakan smartphone untuk mengambil gambar dan tidak usah repot-repot membawa kamera khusus. Kamera smartphone secara umum sangat sederhana dan mudah digunakan, tapi tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menggunakan untuk menghasilkan hasil fotografi yang maksimal.



Untuk itu kami akan berbagi tips dan trik fotografi menggunakan kamera Smartphone. Berikut trik fotografi menggunakan kamera Smartphone: 

-) Pilih smartphone dengan tombol shutter. Jika anda menginginkan smartphone untuk bernarsis ria, pilih smartphone yang menyediakan tombol shutter. Hal ini untuk memudahkan anda mengambil foto secara cepat.

-) Pilih smartphone dengan lampu Flash. Lampu flash cukup membantu untuk menghasilkan foto yang lebih baik pada saat kondisi yang kurang cahaya. Namun pada beberapa smartphone murah lampu flash ini tidak cukup membantu. Selain bisa untuk membantu penerangan pada saat mengambil foto, lampu flash juga bisa digunakan sebagai lampu senter untuk keadaan darurat, contohnya ketika padam listrik.

-) Bersihkan lensa kamera Anda. Sebuah lensa kamera smartphone sangat mudah kotor, oleh sebab itu anda harus meluangkan waktu untuk membersihkan dari waktu ke waktu. Menyeka lensa kamera smartphone dengan menggunakan kain atau tisu yang lembut agar tidak menggores kamera

-) Pegang ponsel Anda agar tetap stabil. Anda harus memastikan bahwa anda memegang smartphone dengan baik saat mengambil foto. Cobalah untuk tidak bergerak sama sekali saat mengambil gambar karena setiap tangan yang gemetar tangan akan mengakibatkan foto kabur, terutama jika kamera Anda tidak memiliki kemampuan menstabilkan gambar optik atau digital. Anda juga harus bersikap lembut saat menekan tombol shutter.

-) Gunakan resolusi dan aspek rasio terbaik pada kamera smartphone Anda. Anda harus mengatur di pengaturan kamera ponsel Anda dan pastikan menggunakan resolusi kamera tertinggi yang tersedia. Jangan menggunakan aspek rasio 16:9 untuk foto Anda kecuali Anda tahu bahwa kamera Anda memiliki sensor gambar 16:9. Sebagai contoh, Motorola Moto X, Droid Ultra, dan HTC One menggunakan sensor kamera 16:09 asli, itulah sebabnya mereka akan mengambil gambar "widescreen" secara default. Kebanyakan smartphone tetap berpegang pada aspek rasio "klasik" 4:3.

-) Atur fokus dan eksposur dengan tepat. Jika Anda merasa foto milik Anda tidak benar atau tidak fokus, tekan pada subjek Anda. Perangkat lunak kamera pada kebanyakan smartphone dikonfigurasi untuk mengatur fokus dan eksposur berdasarkan frame yang anda tekan.

-) Pelajari cara menggunakan mode kamera Anda. Kebanyakan smartphone datang dengan aplikasi kamera yang kaya fitur. Beberapa diantaranya digunakan untuk menghapus obyek yang bergerak dalam bingkai atau menambahkan efek impresivenya. Modus lain yang dimaksudkan untuk mengambil foto dengan subyek yang bergerak cepat, atau untuk pemotretan di malam hari.

-) Edit foto. Gunakan aplikasi foto editor untuk mempercantik foto Anda menggunakan fitur0fitur pada aplikasi foto editor Anda, tapi ingat jangan berlebihan pada saat pengeditan.

Selamat mencoba....:)

No comments:

Post a Comment